Home / Berita / 80 Warga Cimahi Ikut Pelatihan Tenaga Kerja di Empat Lokasi

80 Warga Cimahi Ikut Pelatihan Tenaga Kerja di Empat Lokasi


SEBANYAK 80 orang peserta mengikuti pelatihan tenaga kerja yang berlangsung di empat lokasi berbeda. Pelatihan yang diadakan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cimahi ini bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Cimahi yang saat ini mencapai sekitar 17 ribu lebih.

Ada 4 pelatihan yang diselenggarakan dengan peserta yang berbeda-beda, yakni pelatihan barista coffee di Neka Kopi Jln. Ciawitali, pelatihan otomotif mobil di Politeknik TEDC Jalan Pesantren, pelatihan disain grafis di Politeknik TEDC, dan pelatihan menjahit garmen industri di LPK Dress Making Jalan Sentral.

“Masing-masing pelatihan diikuti oleh 20 orang, beberapa orang diantaranya merupakan menyandang disabilitas. Pelatihannya sendiri berlangsung selama 12 hari, dari Jumat (9/8) kemarin sampai tanggal 23 Agustus 2019,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Pelatihan Tenaga Kerja dan Transmigrasi (P2TKT) Disnaker Kota Cimahi, Isnendi di Pemkot Cimahi Jalan Demang Hardjakusumah, Rabu (14/8).

Para peserta pelatihan ini harus memenuhi sejumlah syarat, yakni pendidikan minimal SMA/SMK/sederajat, laki-laki/perempuan usia maksimal 25 tahun. “Yang paling penting adalah warga Kota Cimahi yang ditunjukkan dengan fotokopi KTP dan KK,” kata Isnendi.

Menurut Isnendi, pihaknya secara rutin melaksanakan pelatihan bagi pencari kerja. “Tiap tahun selalu ada pelatihan dengan jenis pelatihan yang berbeda-beda, tapi tahun ini kita libatkan penyandang disabilitas,” katanya.

Keterlibatan penyandang disabilitas dalam pelatihan ini, menurut Isnendi, karena ada permohonan dari perkumpulan difabel ke Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi untuk menampung mereka. Namun solusi sementara yang bisa diberikan oleh Pemkot, yaitu dengan membekali para difabel ini berupa pelatihan-pelatihan.

“Alhamdulillah mereka menerimanya, dan berdasar evaluasi sementara mereka dapat mengikuti pelatihan-pelatihan tersebut dengan baik,” tuturnya.

Isnendi menjelaskan, pelatihan ini bertujuan untuk membekali para pencari kerja agar dapat diterima di dunia industri, dunia usaha, serta dapat berwirausaha, yang ujungnya adalah untuk mengurangan angka pengangguran di wilayahnya

“Sebelumnya dengan penyelenggara pelatihan, kami ada komitmen agar pasca pelatihan para peserta dapat ditempatkan untuk bekerja di perusahaan, atau sekurang-kurang dapat diberikan job order,” bebernya.

Editor: Kiki Kurnia

sumber : http://www.galamedianews.com/bandung-raya/231121/80-warga-cimahi-ikut-pelatihan-tenaga-kerja-di-empat-lokasi.html

 
 
 
shared on wplocker.com